Wisata Batu Kuda di Bandung Timur Murah Meriah

Hari Minggu adalah hari dimana waktunya untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga.
Jadi, Minggu ini kami Healing sejenak ke Wana Wisata Batu Kuda yang terletak di Bandung Timur. Lokasinya berada di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung (Lokasi)

Wana Wisata Batu Kuda Gunung Manglayang
Wana Wisata Batu Kuda sendiri merupakan tempat wisata dengan deretan hutan pinus yang berada di kaki Gunung Manglayang. pokoknya ramah untuk anak-anak dan lansia, karena sering di jadikan tempat botram juga oleh emak-emak, hehehhe.

Akses Menuju Batu Kuda

Sebenarnya untuk menuju Batu Kuda ini banyak sekali aksesnya, bisa dari cibiru, cinunuk maupun cileunyi jadi tinggal pilih saja mau lewat mana yang jelas perjalanan bakalan naik dan menanjak hehhee.
Kami sendiri lewat cibiru dan masuk melewati sindangreret, nah dari sindangreret jalanan menuju batu kuda cenderung sempit jadi hati-hati yah gaes.

Tiket Masuk Batu Kuda

Tiket masuk batu kuda sendiri sebesar 10k/orang, sedangkan untuk camping sebesar 15k/orang, biaya tambahan lainnya seperti motor waktu itu sebesar 5k

Wisata Batu Kuda

Dari parkiran kami langsung menuju ke hutan pinusnya, jaraknya sangat dekat jadi aman kalau bawa anak-anak dan lansia. Nah lantas kenapa dinamakan Batu kuda ? kenapa engga Hutan Pinus Manglayang saja, kan lebih logis karena tempatnya ditumbuhi oleh banyak pepohonan pinus. menurut informasinya sih karena ada sebuah batu besar yang menyerupai kuda, mitosnya batu tersebut dulunya adalah seekor kuda terbang yang terjatuh dan terjebak di kaki gunung manglayang hingga lambat laun menjadi batu.



Wisata Batu Kuda ini tempatnya udah tertata rapih, berbeda dengan dulu yang masih apa adanya. jalan menuju gardu pandangpun juga sudah di paving, jadi cukup nyaman lah.. Oh yah sebelum manja-manja di hutan pinus, waktu itu kami langsung tancap ke gardu pandang terlebih dahulu, karena masih pagi, jadi tidak terlalu panas menyengat pas sampai gardu pandang. Kami melewati jalan tanah padat sebelah barat, jalannya cukup menanjak, namun jaraknya tidak terlalu jauh, cukup lah untuk melatih si bocil mah xixixixixi

Jalan menuju 



Di Gardu Pandang ini areanya terbuka jadi kita bisa melihat Kota Bandung dari ketinggian, disarankan sih datang pas matahari pagi, kalau cuaca sedang mendukung pemandangannya ajib sob.  Selepas gardu pandang ini sebenarnya ada jalan setapak, nah jalan tersebut merupakan lanjutan dari trek menuju puncak gunung manglayang via batu kuda, karena kami hanya ingin leyeh2 di hutan pinus kamipun skip menuju puncak, yah kalau di lanjut menuju puncak dari gardu pandang sekitar 2-3 jam lagi dengan jalur yang cukup menanjak.. silahkan di coba !!



Dari Gardu Pandang kami turun melewati jalur paving sebelah timur, nah ini jalurnya ramah untuk semua kalangan, jalur turunyya langsung mengarah ke hutan pinus batu kuda. yuk ah kita hammockan !!



Btw, di tengah perjalanan turun sendal saya putus, spill jangan nih merknya? hahahah , tau gini saya pakai sendal swallow yang udah teruji kualitasnya hehehhe 

Di hutan pinus Batu Kuda kami pasang hammock, karena si bocil lagi suka-sukanya hammockan. entah di alam ataupun di dalam rumah, emang paling doyan main hp sambil hammockan . Sedangkan sang istri sibuk memasak indomie untuk disantap di tanggal tua ini.. mari kita menikmati hidup !!


Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

No comments:

Post a Comment