Kebun Buah Mangunan , Tempat Melihat Sunrise Cantik Di Jogja

Kalau kalian sedang berada di jogja, tidak ada salahnya bangun pagi atau sehabis sholat subuh lalu gas sunrise-an menuju Kebun Buah Mangunan. Hanya butuh waktu sekitar 30 menitan saja dari kota jogja, kita sudah bisa melihat pemandangan indah yang sungguh luar biasa 

Lokasi-nya tidak jauh dari jalan utama Imogiri-Dlingo, berada di Desa Mangunan, Sukorame, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Aksesnya sangat mudah, banyak petunjuk jalan menuju mangunan, aksesnya juga gampang, hanya saja ketika memasukan jalan mangunan - dlingo kalian akan melewati tanjakan khas pegunungan. 

Salah satu tempat yang menyenangkan dan menenangkan menurut saya, dari gardu pandang/view point Kebun buah mangunan kita bisa melihat pemandangan yang sungguh luar biasa, terlebih di pagi hari kita bisa melihat kabut yang menyelimuti area hutan dan sungai oya. 

Harga tiketnya yang cuman 7k saja membuat saya pribadi benar-benar tidak bosan untuk menikmati pemandangan di Kebun Buah Mangunan ini, istilah kerennya sih harga minimal view maksimal. apalagi harga tersebut sudah termasuk tiket masuk kendaraan..

Namanya saja Kebun Buah Mangunan, tetapi wisata utamanya bukan melihat perkebunan buah, tentu sunrise menjadi incaran wisatawan. saya pribadi sendiri beberapa kali main kesini tidak memperhatikan ada apa saja yang di tanam di kebun buah mangunan ini, namun menurut informasi ada beberapa buah yang di tanam diantaranya mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, belimbing dan lain-lain.

Walaupun Kebun buah mangunan ini merupakan tempat wisata yang sudah cukup lama, namun setiap harinya selalu saja banyak wisatawan yang datang, terutama di musim penghujan. Yah, musim penghujan merupakan musim terbaik untuk melihat lautan kabut di Kebun Buah Mangunan ini, karena presentasi melihat indahnya bak layaknya samudera di atas awan ini lebih besar. Biasanya kabut muncul sekitar pukul 05.00-07.30 pagi, sementara itu jika di musim kemarau cenderung lebih cerah dan minim kabut. 

Untuk menuju Sunrise point dari parkiran sebenernya tidak terlalu jauh, terlebih dari parkiran kita hanya perlu melewati beberapa warung dan menuruni anak tangga, tempat wisata ini sangat ramah di semua kalangan usia, terlebih fasilitas yang di buatpun terus di kembangkan.

Warung pun tersedia disini, harganya di luar nalar, cukup murah untuk ukuran tempat wisata, mendoan saja masih di hargain 1k (2024), yah walaupun ukurannya tidak besar seperti mendoan pada umumnya tapi cukup menandakan sebagai wisata yang ramah di kantong. mungkin itulah salah satu alasan kami tidak pernah bosan menikmati atau sekedar mampir ke Kebuh Buah Mangunan ini. semoga saja kedepannya tetap menjadi salah wisata primadona Yogyakarta terutama khususnya Bantul.

Kebun Buah Mangunan

Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

No comments:

Post a Comment