Backpacker ke Pacitan (Pantai Soge, Pantai Pancer Door , Alun-Alun Pacitan) #DAY 1

Jadi longweekend lalu kami kembali backpacker ke pacitan, yah walaupun udah gak bisa di bilang backpacker sih karena udah ada anak, tetapi naluri gembelku masih ada kok hehehe..

Ke pacitan ini Sebenernya rencana dadakan, awalnya kami bingung mau kemana, namun akhirnya setelah mendekati hari H di putuskan juga ke pacitan !! Oh yah, untuk menuju pacitan rute yang akan kami tempuh adalah Bandung-Jogja , Jogja-Pacitan,

Pantai Soge Pacitan

Dari Bandung kami kehabisan tiket menuju Jogja karena kalau longweekend pasti Jogja menjadi salah satu destinasi favorit, apalagi kalau order tiketnya deket2 hari H wassalam deh, alhasil kamipun menaiki kereta Kutojaya Selatan yang untungnya masih tersedia beberapa kursi lagi, oh yah Kutojaya Selatan ini hanya sampai Kutoarjo (Purworejo) saja dengan tiket 58rb/orang, tidak apa-apa nanti kita lanjut ke Jogja menaiki KA lokal.. Pacitann We're Coming.....

Stasiun Kutoarjo 
Otw Kutoarjo

Singkat cerita, kami sampai di Kutoarjo sekitar pukul 05.30 pagi, Nah habis itu dilanjut menggunakan KA prameks menuju jogja dengan tarif 8k, namun untuk saat ini ada perubahan jadwal KA prameks, kalau dulu kami hanya perlu menunggu 45 menitan saja untuk transit, akan tetapi untuk sekarang pemberangkatanya pukul 08.30 pagi, alhasil kami menunggu 3 jam di kutoarjo, cukup lama dan wasting time sih,..... btw, kami membeli tiket prameks ini secara online ya !! ada di applikasi kai.

Di kutoarjo sendiri kami isi waktu dengan beristirahat dan mencari sarapan di depan stasiun, kami memesan soto yang sebenernya gak cukup wort it dari segi harga, 1 mangkuk soto ayam di hargai 15k, cukup mahal untuk ukuran jawa tengah, apalagi porsinya kurang "rame"..(langsungblacklist) hahahaha. *pisssssss

Stasiun Kutoarjo

08.30,  Kereta prameksp-un mulai melaju dengan tujuan akhir jogja, Oh yah , bwt yang belum tahu, kalau sebelumnya prameks ini melayani rute Kutoarjo - Solo, namun dengan adanya KRL jogja-solo alhasil rute prameks kali ini hanya melayani kutoarjo-jogja, sad but true sih.. 

Lagi di kereta prameks

09.40 kami tiba stasiun Jogjakarta Kota (bukan lempuyangan), alhasil kami harus menaiki go-car menuju lempuyangan, karena kami sudah janjian dengan yang empunya penyewaan motor di lempuyangan dan tidak bisa di antar ke stasiun Jogja.... Go-car sendiri di bandrol 9k (lagi promo kayaknya).

Kami menyewa motor di P-24 dengan harga normal (70k/Day - Honda beat) WALAUPUN DI SAAT LONG WEEKEND, sebelumnya saya mencoba kontak penyewaan sepeda motor di daerah jogja kebanyakan range harganya sudah di naikin karena longweekend, untuk motor beat saja itungannya 100k/hari, namun tempat sewa motor P-24 harganya masih normal dan kondisi motornya pun not bad, enakeun..

Karena di kutoarjo sudah sarapan akhirnya kami langsung tancap gas menuju pacitan, secara waktu sebenernya kami sudah kesiangan, kalau biasanya sampai jogja datang pagi hari, namun kali kami datang jam 10-an, kami gak mau terlalu siang, karena kalau jalan siang akan semakin cepat terkuras tenaga.. Gass rem saeutik....

Perjalanan menuju pacitan sangat menyenangkan, terlebih pemandangan masih banyak ijo-ijonya, namun saat masuk Gunung Kidul terjadi sedikit kemacetan karena lalu lintas saat liburan akan menjadi sangat padat, dan pada akhirnya kami istirahat sejenak di warung bakso di Wonosari. hihihiihi.

Salah satu jalan menuju Pacitan

Istirahat di Mie Ayam Bakso Soto Ari

Makan Bakso di siang bolong mantap !!

Perjalanan kami lanjutkan kembali, oh yah, tujuan pertama kami adalah penginapan yang ada di kota pacitan, 

Jarak tempuh Jogja - Pacitan sekitar 110km dengan rentang waktu sekitar 3 jam-an, cukup menguras tenaga memang, namun percayalah ketika sampai kota pacitan semuanya akan terbayar.

Kota pacitan ini secara topografisnya seperti berada di teluk yang di keliling oleh sebuah pegunungan/perbukitan, makanya ketika kami hampir tiba di kota pacitan kami bisa melihat kota pacitan dari atas ketinggian, so amazing city !!

Kami tiba di pacitan sekitar pukul 14.00 siang, langsung menuju penginapan untuk istirahat, oh yah sebelumnya kami pesan penginapan ini di salah satu situs booking travel online dengan dadakan, lokasinyapun cukup strategis tidak jauh dari alun-alun pacitan, nama penginapannya Hotel Homiko, harganya 120k/night.

Hotel Homiko saat malam hari

Fasilitas Hotel Homiko cukup lengkap Seperti AC, TV, Kamar mandi dalam, dan yang paling penting bisa isi ulang aerr gratis, jadi mengurangi biaya akan kebutuhan air, lokasinya juga strategis dekat kemana-mana, seperti warung klontong dan tempat makan. Recomended !!

Setelah mengistirahatkan tubuh, kamipun memulai destinasi pertama, yaitu pantai soge, lokasinya berada di timur pacitan tepatnya di ruas perbatasan antara pacitan menuju trenggalek, jaraknya sekitar 30km dari kota pacitan, jalanannya melewati perbukitan lumayan mulus juga aspalnya menembus hutan, pemandaangan nya ijo-ijo sesekali terlihat pemandangan samudera hindia dari atas.

Sekitar 40 menit berkendara, akhirrnya kami tiba di tempat yang paling ikonik pantai soge, yapss. jalan yang berdampingan langsung dengan pantai, jalan ini sering di jadikan spot foto oleh para pelancong seperti kami, karena memiliki pemandangan yang memukau, tak heran jika banyak pengendara yang beristirahat di pinggir jalan sebari mengabadikan moment karena memang pemandangannya gokill..

Pantai Soge
Pantai Soge Pacitan

Tak puas dengan foto, karena jam masih menunjukan pukul 15.30 sore, kamipun masuk ke area pantainya, kami membayar sekitar 20k bertiga, cukup murah, area pantainya sendiri luas dan cukup sepi karena ombak di pantai soge ini cukup besar, disarankan untuk tidak berenang, dan kami pun hanya bermain pasir di pinggir pantai..

Sore hari di Pantai Soge




Sekitar pukul 16.00 sore kamipun menyudahi bermain di pantai soge dan melanjutkan perjalanan ke kota pacitan, sebelum ke penginapan kami mampir sejenak di pantai Pancer Door, namanya unik gak tau juga sih asal usulnya seperti apa. 

Sebenernya kami sudah ke-sorean masuk pantai pancer door, namun si bocil pengen bermain air, karena sebelumnya di pantai soge kami tidak bermain air karena ombaknya yang besar, akan tetapi di pantai pancer door pun sama ombaknya agak besar hahahhaha, alhasil kami pun hanya main pinggiran pantai, lumayan lah kena air dikit-dikit, yang penting si bocil seneng. HTM masuk pantai pancer door 5k/orang

Di pantai Pancer Door ini banyak pepohonan di pinggir pantai, cocok kalau untuk jogging di pagi hari, udaranya juga sejuk. ada area campnya juga , lets try !!

Pantai Pancer Door

Setelah puas bermain air, sekitar pukul 17.30 kami kembali menuju penginapan, jaraknya cuman 5km-an jadi kami hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menitan, sebelum ke penginapan kami sempatkan dulu membeli makan malam di warung pecel lele, karena posisinya lagi tanggung kami membungkus makanan tersebut untuk di makan di penginapan.

Sekitar pukul 20.00 kami mencoba jalan-jalan malam menuju alun-alun pacitan, yah walaupun bisa di bilang dekat tapi kami memilih menggunakan sepeda motor hihihi.

Suasana jalanan di kota pacitan tidak terlalu ramai, cenderung sepi padahal malam minggu. namun ketika sudah sampai di alun-alun pacitan ternyata banyak sekali orang disana, kalau bahasa jawanya "budal kabeh". so amazing and beautiful alun-alun pacitan, walaupun banyak sekali orang namun tidak terlihat kemacetan di jalanannya, alun-alunnya juga sangat luas, banyak lampu-lampu menghiasi taman, ada deretan kuliner, taman bermain anak, tempat nongkrong ,, ahhh pokoknya ini alun-alun yang paling keren selama saya traveling di pulau jawa. so fallin in love. lengkap !! di tambah tersedia banyak tempat sampah di setiap sudutnya alhasil sedikit terlihat sampah yang berceceran malah cenderung bersih !! so amazing malam minggu !! anak saya pun sangat senang, setelah melihat air mancur berwarna-warni hingga bermain di taman bermain, kami pun mencoba salah satu tempat yang berada di samping alun-alun yaitu pasar malamnya, disana ada beberapa wahana bermain anak yang berbayar, anak sayapun ingin mencoba wahana tersebut, ternyata murah sekali, hanya 15k saja sudah bisa memainkan beberapa wahana sepuasnya sampe lemes !! worth it sekali !! hihihih

Alun-Alun Pacitan yang menyenangkan

Setelah anak saya puas dan kelelahan hingga mandi keringat, kamipun sudahi bermain di alun-alun pacitan ini, sebelum pulang ke penginapan kami membeli dahulu wedang ronde dengan harga 5k , murmer + enak...


Besok lanjut kemana??? 


Budget Di DAY 1

Tiket Kereta : 58k/orang
Sarapan Pagi Nasi Soto : 15k/orang
Ka Prameks : 8k/orang
Gocar : 9k/Bertiga
Sewa Motor : 70k/Malam
Mie Ayam Bakso : 13k/orang
Hotel Pacitan : 120k/Malam
Pantai Soge : 20k/motor
Pantai Panceer Door : 10k/motor
Permainan Alun-Alun Pacitan : 15k (exi)
Wedang ronde : 5k
Pecel lele dkk : 41k/3orang

Alokasi budget tersebut ada yang per orang dan bertiga , tinggal di bagi saja, sengaja saya masukin sarapan, makan siang dan makan malamnya juga biar kebayang rata-rata budget makan, tinggal sesuaikan saja, 
oh yah belum termasuk bensin, tetapi bensin irit kok apalagi pake motor beat, hehehe..


Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

No comments:

Post a Comment